Es Campur Terenak

Es kesukaan org indonesia.. biasanya jadi teman makan es buah, pempek,… 
Bikinnya gampang aja..soalnya tinggal campur2 aja.

Kalau mau tau cara buat kacang merah nya, bisa lihat di resep sebelumnya ya. Karna proses pembuatannya lama dan agak repot. Atau di skip aja kalau repot buat nya. Bisa diganti yg lain. Seperti tape, ketan hitam, mutiara sagu,

Bahan-bahan

10 mangkuk

  1. 1 bks cendol
  2. 1/4 loyang cincau. Potong kotak kecil
  3. 1/4 kg kacang merah siap pakai.(yg sudah di masak dg gulamerah.)
  4. Ketan hitam secukupnya (optional)
  5. Tape secukupnya (optional)
  6. 2 sdm selasih.rendam dg air panas
  7. secukupnya Santan kental
  8. 3 ons gula pasir. Cairkan
  9. Gula merah secukupnya. Cairkan
  10. secukupnya Susu kental manis
  11. secukupnya Sirup
  12. Es serut secukupnya

Langkah

10 menit

  1. Susun kacang merah, cincau, selasih dan cendol dalam mangkuk.  
  2. Tambahkan sedikit gula merah dan gula pasir yg sudah di cairkan.  
  3. Tambahkan sirup dan susu  
  4. Masukkan 2 sdm santan kental. Bisa pakai santan instan jg.. (masak santan harus dengan api kecilll sekali..kalau engga, bisa pecah santannya.kayak punya saya,😢)  
  5. Serut es. Kalau ga ada alatnya, bisa pakai blender. Atau beli es serut nya aja sama abang2 yg jualan es campur..  
  6. Masukkan es serut. Aduk2..  
  7. Kalau ga ada es serut, bisa pakai es batu biasa..es campur siap di nikmati.

Es Campur Istimewa Kolak Singkong dan Kue Gabus

Kolak merupakan minuman jadul yang disukai siapa saja tanpa pandang usia, begitu juga kue gabus. Menikmati kue gabus, serasa kita kembali ke jaman dulu saat tidak banyak pilihan kue atau minuman dingin yang bisa kita nikmati seperti sekarang. Untuk mengingat memori saya sengaja menggabungkan 2 resep ini jadi 1.

Maka terciptalah es campur istimewa yang ternyata juga digemari oleh anak-anak karena memadukan minuman kolak dingin yang memiliki rasa gurih dan manis dikombinasikan dengan kue gabus yang nikmat pasti menjadi faforit anak-anak, karena saya seorang ibu yang pasti

Bahan-bahan

  1. Bahan kolak singkong
  2. 1 kg singkong (kupas, cuci, potong2 sesuai selera)
  3. 500 ml air bersih
  4. 1000 ml santan
  5. 3 lembar daun pandan
  6. 100 gr gula aren
  7. 1/2 sdm garam
  8. Bahan kue gabus
  9. 90 gr atau 1 bungkus tepung hunkwee
  10. 500 ml santan
  11. 3 sdm gula pasir

Langkah

  1. Membuat kolak singkong: Didihkan air dan daun pandan. Setelah mendidih masukkan singkong masak hingga singkong matang  
  2. Masukkan santan, gula aren dan garam aduk sesekali agar santan tidak pecah. Tunggu hingga mendidih, matikan api dan kolak singkong matang. Sisihkan, biarkan kolak dingin. Masukkan ke dalam lemari es  
  3. Membuat kue gabus: masukkan 1 bungkus tepung hunkwee ke dalam panci yang berisi santan, tambahkan gula. Aduk hingga semua larut jadi satu  
  4. Masak di atas kompor, aduk tanpa henti hingga mendidih, matikan api  
  5. Pindahkan ke dalam wadah. Biarkan dingin dan memadat. Jika dirasa sudah dingin, masukkan dalam lemari es  
  6. Cara penyajian: potong2 kue gabus, susun dalam mangkok bersama singkong  
  7. Kemudian siram dengan kuah kolak dan sajikan untuk buah hati tercinta.

Es buah lidah buaya

karena saya tidak menggunakan gula pasir/ sirup/ minuman proses, saya gunajan Gula Jawa. seharusnya pakai santan, tp santannya habis.. begini jg udh enak dan segar

Bahan-bahan

5 orang

  1. buah naga
  2. melon
  3. strawberry
  4. lidah buaya

Langkah

  1. Kupas dan cuci bersih lidah buaya  
  2. Potong dadu lidah buaya  
  3. Potong dadu buah naga dan melon  
  4. Potong kecil-kecil strawberry  
  5. Semua bahan masukkan jd satu ke dalam air matang.  
  6. Panaskan gula aren/ gula jawa  
  7. Masukkan gula are / gula jawa cair ke dalam adonan buah  
  8. Masukkan ke dalam kulkas dan nikmati segarnya

Es Buah Selasih

Moms untuk buah hati yang susah makan buah dan sering panas dalam kali ini kita buatkan cemilan es buah selasih bahannya mudah didapat dan murah meriah. Tasty, healthy, and easy langsung eksekusi yaa Ditunggu recook nya.

Bahan-bahan

5 porsi

  1. 1 juring buah golden melon
  2. 1 juring buah green melon
  3. 1 juring semangka (saya skip)
  4. secukupnya Sari kelapa
  5. Biji selasih secukupnya
  6. secukupnya Susu kental manis

Langkah

15 menit

  1. Larutkan susu kental manis dalam air hangat kira-kira 500ml test rasa  
  2. Potong-potong buah melon/semangka bentuk dadu / kotak-kotak  
  3. Masukkan es batu dalam larutan susu kental manis, masukkan biji selasih sesuai selera, sari kelapa, buah semangka dan melon yeayyy jadi deh sajikan dalam mangkuk kecil siap untuk dihidangkan

ES Cendol Pelangi

Cendol salah satu minuman jadul tapi masih eksis hingga sekarang, masih banyak yang jualan Cendol hingga kini, ini berarti peminatnya itu masih banyak dan Cendol menempati urutan ke 45 dari 50 minuman paling enak di dunia loo cookpaders. 
Cendol dapat dijadikan sebagai salah satu minuman yang segar disajikan siang hari. Nah saat bulan Ramadhan Cendol menjadi menu andalan saat berbuka untuk melepas dahaga. 
Kalau dulu cendol biasanya bewarna hijau yang terbuat dari daun Pandan dan Suji tapi sekarang dikreasiakan dengan berbagai warna. 
Kali ini saya share resep Cendol Pelangi agar anak-anak suka karena warnanya yang cantik tentu menarik minat anak-anak, yaa seperti krucil dirumah langsung penasaran dan pengen segera nyoba.

Bahan-bahan

  1. Sirup Gula Merah :
  2. 500 gr Gula Merah
  3. 100 gr Gula Pasir
  4. 500 ml Air
  5. 1 lbr Daun Pandan (Simpulkan)
  6. Saus Santan :
  7. 1 btr Kelapa (peras kelapa dengan 1lt air)
  8. 1 lt Air
  9. 1/2 sdt Garam
  10. 1/2 sdt Vanilla Cair
  11. 1 lbr Daun Pandan (Simpulkan)
  12. 1 sdm Tepung Maezena (larutkan dengan 50 ml air)
  13. Cendol Hijau :
  14. 1 ons Tapioka
  15. 1 sdm Tepung Beras
  16. 500 ml Air
  17. 3 tetes Pewarna Hijau
  18. 1/4 sdt garam
  19. 1 lbr Daun Pandan (Simpulkan)
  20. Cendol Pink :
  21. 1 ons Tapioka
  22. 1 sdm Tepung Beras
  23. 500 ml Air
  24. 5 tetes Pewarna Merah Rose
  25. 1/5 sdt Garam
  26. 1 lbr Daun Pandan (Simpulkan)
  27. Cendol Ungu :
  28. 1 ons Tapioka
  29. 1 sdm Tepung Beras
  30. 500 ml Air
  31. 3 tetes Pewarna Ungu
  32. 1/4 sdt Garam
  33. 1 lbr Daun Pandan (Simpulkan)
  34. Cendol Kuning :
  35. 1 ons Tapioka
  36. 1 sdm Tepung Beras
  37. 500 ml Air
  38. 5 tetes Pewarna Kuning
  39. 1/4 sdt garam
  40. 1 lbr Daun Pandan (Simpulkan)
  41. Bahan Pelengkap:
  42. Secukupnya Es Batu
  43. Secukupnya SKM

Langkah

  1. Cara Membuat Sirup Gula Merah : Campurkan semua bahan lalu didihkan hingga semua bahan larut. Setelah sirup gula dingin kemudian disaring.  
  2. Cara membuat Saus Santan : Campur semua bahan kecuali larutan tepung maezena lalu didihkan tapi jangan sampai santan pecah, agar santan tidak pecah santan harus terus diaduk hingga mendidih. Setelah mendidih masukan larutan Tepung Maezena. Saus santan siap digunakan.  
  3. Cara membuat Cendol : Campur semua bahan menjadi satu. Masak sambil terus diaduk hingga adonan matang dan kental. Angkat, sisihkan. Kemudian siapkan air dingin di dalam wadah. Tuang adonan cendol ke dalam cetakan. Tekan-tekan sampai adonan cendol keluar menjadi butiran cendol dan masuk ke dalam air. Lakukan hingga adonan habis. Sisihkan.  
  4. Dan ulangi cara membuat Cendol pada semua setiap warna cendol lainnya.  
  5. Cara penyajian: Siapkan mangkuk/ gelas saji lalu masukan cendol setiap jenis warna kemudian tuang santan dan sirup gula merah di atasnya kemudian tambahkan Es Batu dan SKM secukupnya. ES Cendol Siap dinikmati. Selamat Mencoba Cookpaders.

Lemon tea Hangat

Enak ya sore2 ujan nyeruput teh manis anget… biar beda dikit bikin pake lemon. Enak deh

Bahan-bahan

2 cangkir

  1. 600 ml air
  2. 2,5 sdt teh bubuk (boleh jg yg kantongan 1)
  3. 8 sdt gula pasir
  4. Parutan kulit lemon
  5. 3 sdm air lemon peras

Langkah

  1. Rebus teh bubuk & parutan kulit lemon hingga mendidih & teh berwarna pekat, matikan api. Masukkan gula, aduk hingga larut, diamkan 5 menit.  
  2. Saring & tambahkan air lemon peras. Klo kurang berasa bisa ditambahkan air lemonnya tapi gula nya juga perlu ditambah supaya gak asem.  
  3. Lemon tea hangat siap diseruput

Teh Sereh Ternikmat


Ada banyak resep sehat dari produk alami disana. Ternyata setelah dicoba, teh sereh ini jadi salah satu minuman favourit suami. Bahkan hampir tiap hari beliau minta dibawakan bekal teh sereh ini. Selain untuk menjaga stamina tubuh, teh sereh ini pun berkhasiat untuk membersihkan lendir pada saluran cerna
Membuatnya mudah, rasanya nikmat, khasiatnya pun manta.

Bahan-bahan

2 gelas

  1. 2 batang sereh, ambil bagian putihnya
  2. 2 lembar daun jeruk
  3. 5 buah cengkeh (optional)
  4. 2 gelas air
  5. 2 sdm madu

Langkah

  1. Siapkan bahan. Geprek sereh.  
  2. Rebus sereh, daun jeruk, dan cengkeh hingga air panas/mendidih.  
  3. Setelah air panas, matikan api. Angkat dan sajikan air rebusan dengan potongan sereh agar rasa dan aroma sereh lebih meresap. Tambahkan madu sebagai pemanis. Resep untuk 2 porsi.

SOP Buah Alpukat

Bismillah. 
Ceritanya memanfaatkan buah alpukat yang ada,
Yuk para ibook, ini simple dan cocok untuk cemilan si buah hati

Bahan-bahan

2 porsi

  1. 2 Buah Alpukat Mentega ukuran standar (yg 1 kg isi 4atau5 buah)
  2. Secukupnya Susu Full Cream Vanilla
  3. sesuai selera Parutan Keju
  4. Secukupnya Susu kental manis bisa diganti dengan madu

Langkah

  1. Ambil daging Alpukat, kemudian beri susu kental manis secukupnya.  
  2. Tuangkan susu full cream vanilla sesuai dengan selera dan aduk hingga rata.  
  3. Beri keju yang sudah diparut diatasnya, atau bisa diganti dengan toping yang lain sesuai dengan seleraa.  
  4. Dinginkan dikulkas. Agar lebih nikmat. Hehe  
  5. Sop Buah Alpukat siap disajikan

Coklat Hangat ala Cafe

Rasanya bergantung pada bahan2 yang kamu pakai ya, sob. Pastikan memakai coklat masak dan bubuk favoritmu, dan berkreasi lah dengan takaran gulanya.

Bahan-bahan

3 porsi

  1. 3 sdt gula pasir
  2. 1 sdt coklat bubuk
  3. 25 ml air
  4. 60 gram coklat masak, potong-potong
  5. 350 ml susu cair
  6. Topping:
  7. 200 ml susu full cream hangat
  8. Secukupnya irisan coklat masak

Langkah

15 menit

  1. Campur dan aduk rata gula pasir, coklat bubuk dan air didalam panci. Kemudian panaskan panci diatas api.  
  2. Setelah mulai panas, tambahkan coklat masak yang telah dipotong-potong. Masak hingga coklat leleh, kemudian tuang susu cair. Masak sambil diaduk cepat hingga mendidih. Angkat.  
  3. Tuangkan coklat panas kedalam gelas.  
  4. Sementara itu, kocok susu hangat untuk topping menggunakan frother. Jika tidak punya bisa diblender hingga muncul busa.  
  5. Tambahkan busa susu di permukaan coklat hangat. Dan letakkan beberapa irisan coklat diatasnya.  
  6. Coklat Hangat siap disajikan

Hot Chocolate

Di Bandung masih sering hujan dadakan terus deras jadi enak nya bikin hot coklat biasanya suka enek sendiri kalau beli coklat di luar. Ini versi yang menurut aku ga bikin enekkk ya kak dan ga banyak bahan ya.

Bahan-bahan

1 Porsi

  1. 4/5 bks Susu Bubuk Chocolatos
  2. 50 ml Air Panas
  3. 150 ml Susu Cair, panaskan

Langkah

5 Menit

  1. Siapkan bahan. Siapkan gelas, berikan bubuk coklat. Sisakan bubuk coklat buat topping akhir.  
  2. Berikan air panas ke bubuk coklat, aduk rata.  
  3. Kemudian panaskan susu. Angkat dan tuangkan ke gelas secara perlahan gerakan memutar. Jadi tidak perlu di aduk lagi.  
  4. Aku tambahin marshmallow dan sisa bubuk coklat hot chocolates siap di srruuuputttt